Pendiri

Pendiri

Senin, 07 April 2014

Kegiatan

KEGIATAN YANG TELAH
DILAKSANAKAN


A.    KEGIATAN FISIK

1.   Intensifikasi Padi (organik)
Sebagai kegiatan pokok Paguyuban Petani Al-Barokah adalah menghasilkan produksi beras baik an organik, semi organik, maupun beras organik  yang merupakan produk unggulanya mengingat permintaan pasar maka upaya ini di pisahkan menjadi 3 (tiga) bagian areal yang berbeda yaitu khusus areal padi organik seluas 14 Ha, lahan semi organik 22,6 Ha dan 9 Ha untuk padi an organik yang menggunakan penerapan pupuk berimbang.
           
a. Penyediaan benih
Dalam upaya pengadaan benih bagi anggota petani organic yang mengembangkan benih-benih unggul lokal seperti Pandan wangi,Mentik Wangi, dan Beras merah serta varietas unggul local lainnya dengan cara penangkaran sendiri dan petani memasukkan hasil penangkaran di lumbung benih. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan petani yang semi dan an organic organisasi menyediakan benih-benih unggul nasional di dalam lumbung benih organisasi.
           
b. Pengadaan pupuk
                 kebutuhan pupuk para petani Al-Barokah menggunakan 2
     jenis:
1.     Pupuk Organik
2.     Pupuk Anorganik
               Pupuk Organik
Bagi para petani organic, kebutuhan akan pupuk organic telah disediakan dilumbung pupuk oleh organisasi dengan system kolektif, Pemeliharaan ternak di anggota telah diolah secara bersama menjadi pupuk organic (bokasi),pupuk cair, pupuk hijau dan pengembangan bakteri melalui proses fermentasi yang kesemuanya di produksi sendiri oleh organisasi dan petani anggota.
           
  Pupuk Anorganik
Pemakaian pupuk anorganik mulai dikurangi hingga 100% pemakaiannya seperti Urea, SP36, KCL dll, Kemudian dalam penggunaannya para petani yang aplikasinya melalui tahapan semi Organik untuk menuju pada perlakuan organik.
           
C. Usaha lain
Untuk kegiatan wanita tani selain pembuatan jamur juga usaha di bidang industri tempe, makanan kecil, ayaman bambu, serta konfeksi yang telah dilaksanakan sepanjang hari disamping itu juga sebagai produsen beras organic tumbuk

B. Kegiatan Ekonomi
   
     1. Permodalan
Organisasi tani Al-Barokah telah mempunyai lembaga ekonomi kerakyatan dalam bentuk koperasi Tani (KSU Gardu Tani Al-Barokah dan LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis) Koperasi ini memberikan bantuan pada anggota melalui usaha –usaha simpan pinjam dan pengadaan sarana produksi. Dalam bentuk pinjaman modal kepada anggota dalam berwira usaha rumah tangga dan pengolahan lahan pertanian organic. Disamping itu koperasi mengusahakan baik hibah atau melalui Pinjaman modal dari lembaga serta instansi lain yang terkait melalui pola bergulir atau revolhing.

2.     Pemasaran produk

Untuk pemasaran produk dilakukan melalui
     1. Penjualan langsung kepada pengecer untuk komoditi
beras organic, jamur tiram, kerupuk, makanan kecil, kerajinan bamboo dan sebagainya
2. Kerjasama dengan pihak ketiga khusus untuk beras organic sebagai produk unggulan telah dilakukan mitra kerjasama dengan beberapa distributor di kota-kota besar, PR, CV, dan sector usaha-perdagangan lainnya serta kepada dinas dan istansi lainnya (Supermarket, grosir, dan lain-lain)
Hingga saat ini telah mampu mencukupi sebagian kecil dari kebutuhan dengan mitra kerja sama,

3.     Promusi produk
Upaya promosi produk terus dilakukan baik melalui pameran , bursa / lelang, dengan brosur / profil, melalui media elektronik maupun cetak serta melalui media informasi dan komunikasi lainnya yang dilaksanakan di berbagai kota-kota besar.

4.     Pengembangan usaha
Saat ini hasil usaha oleh petani (beras organic) dan produk lainya telah mampu menembus pasar local maupun non local, dan bahkan dari waktu ke waktu permintaan terus meningkat khususnya beras organic. Untuk itu akan terus dikembangkan produksi melalui kerjasama dengan kelompok tani lain yang sevisi dan semisi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar